Friday, June 15, 2018

Review iOS 11.4

Buy from amazon.com


Bila Windows identik dengan Microsoft dan sebagian besar PC serta laptop, atau Android identik dengan banyak ponsel keluaran Cina, atau Samsung dan ponsel-ponsel lainnya maka iOS dirancang hanya untuk perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch keluaran Apple.

Mungkin sekilas fungsi iOS mirip dengan Android, namun sebenarnya cara kerjanya sangatlah berbeda.

Salah satu perbedaan paling mencolok dari keduanya adalah konsep pengembangan Android yang open-source sedangkan iOS close-source yakni tertutup hanya oleh Apple tanpa campur tangan pihak lain.

Selain itu, bila Android memiliki istilah launcher aplikasi maka iOS tidak memiliki aplikasi tersebut.

Perbedaan paling menonjol adalah tak adanya tombol “back” yang disimbolkan tanda panah ke kiri pada Android untuk iOS.

Apple hanya memberikan iOS dengan tombol Home saja yang artinya keluar dari aplikasi.

Apa itu iOS dan Sejarahnya ?

Awalnya iOS memiliki nama sebagai iPhone OS yang mengambil OS X milik perangkat Mac.

Saat itu, iPhone OS tidak memiliki App Store.

Namun, bersamaan dengan diluncurkannya iPhone 3G setahun kemudian yakni 2008, Apple mulai menghadirkan dukungan aplikasi dari third-party beserta App Store.

Generasi selanjutnya dari iOS perdana adalah diluncurkannya iPhone OS 3 oleh Apple pada 17 Juni 2009 bersamaan dengan iPhone 3G.

Fitur terkenal untuk jenis iPhone OS saat itu adalah tersedianya fitur in-app purchase serta dukungan copy-paste.

Melanjutkan pengembangan iPhone OS, versi keempat hadir bersamaan dengan diumumannya iPhone 4 ke publik.

Pada edisi keempat tanggal 21 Juni 2010 inilah dimulainya era nama iOS yang disebut sebagai iOS 4.

Pergantian nama iPhone OS ke iOS ini dilakukan oleh Apple dengan alasan bahwa sistem operasi ini tidak hanya untuk iPhone tapi juga untuk iPod Touch dan iPad.

Fitur paling mentereng dari iOS 4 adalah dukungan multitasking-nya.

Versi ke-lima iOS menghadirkan sederet fitur yang menarik seperti iMessage, iCloud dan SIRI.

iOS 5 juga bisa diaktivasi.

Kelebihan lain iOS 5 adalah dapat diaktivasi tanpa tersambung ke laptop atau komputer.

Sebagai versi ke-enam, iOS 6 memperkenalkan Apple Maps untuk pertama kalinya.

Namun respon pengguna iOS 6 saat itu sangat negatif.

Oleh karena itu, ketika versi ketujuh iOS diluncurkan 2013, Apple berusaha membuat perubahan mencolok dan lebih menarik dibandingkan sebelumnya untuk memuaskan pelanggan mereka.

Beberapa fitur terbaru Apple saat itu adalah Control Center, Touch ID hingga AirDrop.

Selain itu, tampilan iOS 7 diperlihatkan lebih datar dengan dominasi warna putih pada layout-nya.

Sementara itu, beberapa fitur terbaru pada iOS 8 seperti iCloud Drive, Family Sharing, aplikasi Health hingga Continuity juga memanjakan para pengguna setia iPhone.

iOS yang dirilis bersamaan dengan iPhone 6 ini juga membawa banyak perubahan misalnya perbaikan sederet bug dari iOS sebelumnya.

iOS 9 sendiri yang dirilis pada 2015 menghadirkaan sebuah aplikasi baru yakni News dan Wallet yang menggantikan aplikasi sebelumnya yang bernama Passbook.

Menariknya, di iOS 9-lah pengguna iPhone dan iPad didukung dengan fitur 3D Touch yang terdapat pada iPhone 6s dan 6s Plus.

Tak berhenti sampai disitu, iOS 9 juga merilis fitur SIRI yang lebih pro-aktif dan efisien bagi penggunanya.

iOS 11

5 Juni 2017 menjadi hari resmi peluncuran iOS 11 oleh Apple ke publik di ajang Wordwide Developer Conference 2017.

CEO Apple, Tim Cook mengungkapkan sendiri bahwa iOS 11 akan menjadi sistem operasi paling ditunggu oleh para penggemar iPhone dan iPad.

Pasalnya, iOS 11 mengusung banyak fitur terbaru yang membuat iPhone dan iPad menjadi semakin menarik dibandingkan ponsel berbasis Android lainnya.

Beberapa diantara fitur terbaru dalam sistem iOS pada Apple ini adalah peningkatan teknologi kamera, foto, serta penambahan beberapa app fitur terbaru yang memungkinkan ponsel menjadi lebih “pintar” dan “proaktif”.

Apple mengatakan bahwa iOS 11.4 akan menjadi pembaruan iOS 11 terakhir yang paling besar sebelum peluncuran iOS 12 ke publik atau mayarakat luas.

Alasan Apple terus mengganti dan memperbarui deretan fitur mereka di iOS adalah tentu saja agar dapat memperbaiki bug, meningkatkan stabilitas ponsel serta penyematan fitur terbaru mereka.

Fitur-fitur Terbaru iOS 11

Melihat dari penjelasan di atas bahwa akan ada beberapa peningkatan fitur iOS 11 yang dikeluarkan bagi para pengguna setia iPhone dan iPad, tidak ada salahnya untuk mengetahui secara lengkap fitur-fitur apa saja yang dihadirkan oleh iOS 11 yang berbeda dibandingkan para pendahulunya tersebut.

Simak penjelasannya baik-baik di bawah ini.

  • SIRI Lebih Pintar dan Menarik

Dikutip dari situs resmi Apple, perusahaan berlogo apel tergigit ini akan menampilkan SIRI dalam iOS 11 lebih pintar, menarik sekaligus responsif.

iOS 11 akan menghadirkan tab khusus untuk SIRI dengan layout yang lebih logis dan cantik, Ada fitur pengaktif SIRI yakni Type to SIRI, akses lebih cepat yaitu pengguna hanya tinggal menekan tombol Home saja, pilihan-pilihan yang langsung terlihat sesuai dengan saran dari SIRI, serta suara SIRI yang hadir dengan suara wanita dan pria dalam berbagai bahasa, misalnya Perancis, Mandarin, Italia, Jerman dan Spanyol.

Tak hanya itu, pelanggan iOS 11 juga bisa mencoba keyboard yang muncul untuk mengetik pertanyaan ke SIRI dengan lebih detail.

  • New Safari

Di fitur terbaru iOS 11 Anda juga dapat menemukan modifikasi ikon Safari sebagai mesin pencari khusus iPhone dan iPad layaknya Mozilla Firefox atau Chrome.

Anda dapat menemukan ikon baru pada aplikasi Contact, Notes dan Reminders.

  • New Keyboard

Keyboard adalah menu atau fitur paling utama dalam semua ponsel, baik itu mobile phone bersistem Android maupun iPhone dan iPad.

Fitur one-handed keyboard menjadi fitur terbaru sekaligus andalan bagi iPhone yang menggunakan sistem iOS 11.

Fitur terbaru iOS 11 ini memungkinkan susunan abjad keyboard tampil dalam mode rapat kiri dan kanan.

Sementara itu, untuk iPad iOS 11 menghadirkan fitur QuickType yang lebih friendly bagi user karena angka dan simbol bisa sekaligus diakses melalui tombol Shift dengan hanya menarik tombol ke bawah dan dilepas ke atas.

  • Lebih “Ramah”

Bagi Anda penggemar iPhone dan iPad dengan sistem terbaru iOS 11, maka Anda akan dihadapkan dengan fitur terbaru di iOS 11 yang memungkinkan Anda dapat menjalankan iPhone dan iPad lebih mudah.

Bila Anda men-swipe notifikasi ke kanan dan ke kiri, maka Anda akan dapat melihat opsi View, Clear dan Open.

Bagian General sistem, Anda dapat melihat opsi AirDrop.

Dalam pengaturan iCloud, Anda dapat menjumpai opsi sinkronisasi Message.

Bagi Anda yang ingin me-refresh ponsel maka di App Store sudah disediakan layar Update.

Anda juga bisa menikmati berselancar di dunia maya lewat Search Web.

Ditambah dengan App Store sebagai tempat mencari aplikasi yang Anda inginkan serta Maps seperti aplikasi Google Maps.

Para pengguna iPhone dan iPad seri iOS 11 juga dimanjakan dengan ikon WiFi yang terlihat sangat jelas, dibandingkan versi sebelumnya.

  • Kamera “DSLR Professional”

Siapa yang tidak mau mempunyai kamera ponsel seperti kamera profesional layaknya DSLR.

Nah, iOS 11 memungkinkan kamera iPhone dan iPad Anda seperti kamera DSLR profesioal dengan mode Portrait yang dilengkapi dengan Optical Image Stabilization, HDR dan True Tone Flash.

Ada juga fitur Live Photos dengan beberapa gandengan fitur lainnya seperti Bounce dan Loop akan membuat hasil foto iPHone Anda memberikan efek lebih seru.

Tak lupa dengan teknologi atau fitur terbaru dalam iOS 11 yang membuat iPhone makin tak tertandingi seperti HEIF atau High Efficiency Image File Format yang dapat mengompres ukuran file foto Anda secara otomatis.

  • Keterangan Tambahan

Bila Anda membuka aplikasi seperti Notes dan Photos, maka Anda akan mendapatkan sebuah layar berisi keterangan tambahan mengenai fitur tersebut  di iPhone atau iPad Anda terutama yang berbasis sistem iOS 11.

  • Control Center yang Fleksibel

iOS 11 akan merombak habis fitur Control Center dalam perangkatnya, sehingga Anda dapat mengatur apapun yang tampil di layar iPhone atau iPad Anda sesuka hati.

Beberapa kelebihan iOS 11 yang bisa Anda nikmati diantaranya melalui menu “Settings”, Anda dapat memilih banyak pilihan misalnya Screen Recording, Low Power Mode, Text Size, Notes dan Wallet.

 Control Center juga memungkinkan Anda untuk meng-custom aplikasi Home agar dapat bekerja seperti remote jarak jauh dalam rumah Anda.

Sebut saja bila perangkat rumah Anda dapat beroperasi dengan Apple Home Kit, maka Anda bisa men-setting Control Center dalam iPhone pribadi sehingga bisa mengatur suhu ruangan, mengatur volume speaker bahkan mematikan dan menghidupkan lampu di kamar dengan mudah.

  • Screen Recording

Bila pada umumnya setelah men-screenshoot gambar, gambar tersebut langsung masuk ke dalam Gallery ponsel Anda, maka tidak halnya dengan iPhone atau iPad sistem iOS 11.

Anda mempunyai kesempatan untuk melakukan edit pada gambar Anda misalnya saja markup gambar atau re-crop gambar saat itu juga.

Fitur ini dinamakan sebagai “Screen Recording”.

Tentu saja, fitur menjanjikan iOS 11 ini memungkinkan Anda untuk merekam apa saja dan dimana saja dengan efisien karena bisa langsung diedit otomatis.

  • Good Save Management

Bagi Anda yang memiliki iOS lama maka mungkin masih mengingat tab penyimpanan iPhone atau iPad-nya yang diberi nama Storage dan iCloud Usage.

Namun, bila Anda beralih ke iOS 11 maka Anda tak lagi menemukan tab tersebut namun diganti dengan iPhone Storage.

Tak hanya nama yang berubah, namun juga fungsi dan fitur-fitur di dalamnya pun lebih diperbarui.

iPhone Anda pun sekarang bisa menampilkan informasi tentang beberapa kapasitas penyimpanan yang masih tersedia serta sejumlah fitur rekomendasi untuk meningkatkan kapasitas seperti auto-delete untuk menghapus percakapan lama dan arsip pesan yang kapasitasnya besar.

Tidak perlu khawatir karena fitur manajemen dalam iOS 11 bisa mensinkronkan messages dari semua perangkat.

  • Delete Automatically

Pusing karena ada aplikasi yang tidak bisa dihapus padahal tidak terlalu penting dan sering memenuhi memori penyimpanan?

Nah, kali ini iOS 11 memberikan pilihan untuk menghapus aplikasi secara otomatis di menu Settings-nya.

Memori penyimpanan Anda pun menjadi tidak penuh lagi dan iPhone Anda pun menjadi lebih ringan oleh karena file-file tidak penting sudah terhapus.

Menariknya, data aplikasi serta dokumen yang dihapus tetap disimpan oleh iPhone sehingga bila Anda merasa membutukan data dan aplikasi tersebut suatu hari nanti, maka bisa dipasang lagi dengan mudah.

  • Touch ID

Fitur terbaru dan diperbarui lainnya dari iOS 11 adalah fitur Touch ID.

Seperti namanya, Touch ID dapat digunakan secara mudah yakni hanya dengan menyentuh layar Touch ID untuk membuka sebuah aplikasi di iPhone atau iPad.

Caranya adalah tekan dua kali pada ponsel jika ponsel dalam keadaan terkunci.

  • Apple Pay

Fitur Messages dalam iPhone atau iPad yang menggunakan sistem iOS 11 memungkinkan para penggunanya mengirimkan uang lebih mudah dan efisien.

Anda juga dapat menggunakan SIRI untuk menggunakan kartu debit dan kartu kredit dalam hal pembayaran.

Kerennya, bila Anda mengirimkan uang kepada seseorang lewat Apple Pay maka tanda bukti penerimaan dan pengiriman akan terkirim secara otomatis ke akun Apple Pay Cash Anda.

Selain itu, Apple Pay dapat digunakan untuk membayar berbagai aplikasi di App Store dengan lebih cepat.

  • Do Not Disturb

Nah, ini satu-satunya fitur terbaru dari iOS 11 yang sangat berguna dan yang merupakan pembeda Apple dengan produk lain.

Seperti namanya, “Do Not Disturb” merupakan sebuah fitur terbaru iOS 11 yang memungkinkan pengguna iPhone atau iPad dengan sistem iOS 11 tidak bisa diganggu alias tidak bisa menerima notifikasi pesan selama berkendara.

Hal ini tentu saja penting mengingat kecelakaan lalu lintas banyak terjadi karena para pengguna ponsel asyik membuka pesan masuk karena dianggap penting.

Oleh karena itulah, iOS 11 menghadirkan fitur “Do Not Disturb” untuk memblokir semua notifikasi yang masuk baik dari aplikasi chatting maupun dari sosial media yang kerap kali membuat penggunanya penasaran.

Anda bisa mengakses notifikasi tersebut setelah tiba di tujuan atau tidak berkendara lagi.

  • iCloud Keychain

Capek setiap kali harus mengetik password ketika membuka aplikasi di ponsel?

Nah, ada satu fitur di iOS 11 bernama iCloud Keychain yang merupakan daur ulang dari fitur yang sama untuk membantu Anda log in ke dalam sebuah aplikasi.

Cukup mencari icon bentuk kunci ketika hendak log in, sehingga Anda tidak perlu mengetik password lagi untuk bisa masuk ke dalam aplikasi tertentu.

  • App Switcher

Bila tak ada aplikasi yang terbuka, maka iOS 11.4 tidak akan menampilkan App Switcher di layar Home.

Hal itu tentunya bertujuan agar ponsel dapat berjalan lebih efisien dan cepat dibandingkan bila membiarkan aplikasi yang tidak terpakai tetap terbuka.

  • App Store Lebih Menarik

Bagi Anda pengguna setia iPhone, maka bila dibandingkan dengan versi iOS sebelumnya akan sangat mudah melihat perbedaan dan kelebihan iOS 11.

Salah satunya adalah tampilan App Store yang lebih menarik dibandingkan iOS sebelumnya.

Anda pun dapat mencari berbagai Apps dan game dengan mudah.

Untuk dapat meng-update iOS 11 beta 4 ini, Anda hanya perlu kapasitas ponsel sekitar 300 MB.

Namun, beragamnya fitur iOS 11.4 ini sebanding dengan kapasitas ponsel yang harus digunakan tersebut.

Satu hal yang perlu diingat lainnya adalah bahwa tidak semua jenis iPhone dan iPad cocok dengan iOS 11.

Apple merilis iOS 11 ini hanya untuk kompatibel dengan iPhone dan iPad yang menjalankan chip A7.

Beberapa iPhone yang menjalankannya adalah iPhone 5S, iPhone SE, iPhone 6 Plus, iPhone 6, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Sementara itu, bagi Anda peminat dan pengguna iPad harga 7 jt-an rupiah,

bisa menikmati iOS 11 bila Anda memiliki iPad generasi kelima misalnya iPad Air, iPad Air 2, iPad Mini 2 dan iPad Pro semua seri.