Thursday, April 12, 2018

Xiaomi BlackShark Gaming Phone

Buy from amazon.com


Seperti dilaporkan Firstpost, Xiaomi saat ini mendirikan anak perusahaan yang bernama Nanchang Black Shark Technology Co., Ltd., atau disebut Black Shark.

Perusahaan ini didaftarkan sebagai perusahaan ponsel.

Perusahaan ini secara diam-diam mendesain, memperkuat dan mempublikasikan smartphone yang didukung oleh Android dan OS serta alat elektronik lainnya.

Xiaomi mengklaim telah berinvestasi besar dalam melahirkan Black Shark dengan saham sebesar 21,94 % dimana saham ini secara sepenuhnya dikendalikan oleh Jinxing Investment yang berbasis di Tianjin, anak perusahaan Xiaomi.

Anda dapat melihat logo Black Shark yang diukir di bagian belakang ponsel tersebut.

Pada bagian belakang, Anda bisa menempatkan kamera belakang ganda horizontal yang miring ke arah kiri dan lampu flash LED mengarah ke kanan.

Aspek yang paling eye-catching dari gambar ini adalah perangkat Bluetooth yang dapat dilepas membungkus di sekitar ponsel.

Black Shark, sistem operasinya yang didukung oleh Android dengan tampilan khas Xiaomi MIUI 9 dan aplikasi OS Android versi 8.0 “Oreo” yang menonjolkan optimalisasi bermain game.


Black Shark akan diluncurkan pada 13 April mendatang.


Xiaomi Black Shark merupakan smartphone gaming versi Xiaomi terbaru, tetapi dianggap sebagai produk limited edition (edisi terbatas).

Menurut sebuah situs web pemerintah Tiongkok, smartphone ini yang didesain dengan menggunakan layar kekinian bezel-less atau bingkai super tipis berbahan metal dan kaca.

Dimensi pada smartphone ini adalah sebesar 158.6 x 75.4 x 8.1 mm dan beratnya sebesar 181 gram.

Smartphone ini juga terdapat LED notifikasi.

Sebagai tandingan Razer Phone (Phone Radar), smartphone gaming akan dilengkapi prosesor kelas teratas, sistem pendingin "aviation-class", dan grafis yang terintegrasi dengan prosesor sinyal digital (Digital Signal Processor atau DSP).

Sistem pendingin canggih memang sangat dibutuhkan agar prosesor bisa bekerja dengan baik saat menjalankan gim-gim yang rumit.

Sebagaimana dirangkum dari Phone Arena, perangkat tersebut ternyata telah diuji di aplikasi benchmark Geekbench dan AnTuTu.

Menariknya, skor pengujian yang dihasilkan oleh Xiaomi “Blackshark” sangat tinggi, yaitu 270.680 poin dari Samsung Galaxy S9+ yang meraih hasil 265.267 poin.

Dari aplikasi tersebut, kita bisa mengetahui beberapa spesifikasi dari Xiaomi Black Shark.

Apa saja?

Simak artikel berikut ini untuk menemukan jawabannya!


Xiaomi Black Shark dilengkapi komponen pilihan, seperti prosesor dengan chipset buatan Qualcomm, yakni Snapdragon 845.


Ada juga CPU dengan Octa Core sebesar 1.8 GHz Kyro 385 yang lebih cepat dan GPU Adreno 630 yang dinilai kencang untuk menjalankan game dengan grafis tinggi.

Selain itu, hadir RAM 8 GB dan memori internal berkapasitas 32, 64 dan 128 GB.

Masih lagi disediakan memori eksternal berupa micro SD berkapasitas mencapai 256 GB atau lebih. Sehingga dapat memungkinkan Anda untuk menyimpan lebih banyak dokumen berupa lagu, video, foto dan menginstal lebih banyak aplikasi.

Komponen lain juga bakal turut mencakup panel layar OLED dan under-display fingerprint scanner alias langsung terintegrasi pada layar perangkat.

Smartphone ini juga memiliki 5 sensor, yaitu accelerometer, proximit, gyroscope, compass, ambient light.

Accelerometer berfungsi untuk mendeteksi gerakan serta orientasi perangkat (horizontal atau vertikal).

Giroskop (gyroscope) berfungsi untuk menentukan orientasi dan rotasi dan menyediakan lebih akurat 3D motion tracking dari accelerometer.

Kompas (compass) berfungsi untuk menentukan arah menghadap relatif ke utara, timur, barat, dan selatan.

Dari sisi desain, smartphone ini andalkan layar lebar 6.0 inci berteknologi IPS LED yang dipadukan dengan resolusi full screen HD + 1080 x 2160 piksel yang mempunyai aspek rasio 18 : 9 dan kerapatan yang lebih tinggi sebesar 402 – 403 ppi (piksel per inci).

Sehingga gambar, video dan teks pada layar tersebut akan terlihat lebih tajam dan jelas.

Layarnya juga sudah dilapisi dengan pelindung layar terbaik Corning Gorilla Glass 5 yang bakal menjaga layar tetep awet meski sering terjatuh.

Smartphone ini juga memiliki tipe warna layar AMOLED dengan 16 M warna. Hal ini membantu Anda bisa mengkonsumsi secara signifikan lebih sedikit daya baterai.

Ada juga dilengkapi dengan Mulitouch yang menampilkan sentuhan yang lebih interaktif.


Keuntungan penggunaan layar 120 Hz adalah tampilan dan gerakan dalam game dan visual gambar yang akan terlihat lebih smooth dan nyaman di mata.


Di samping itu, kamera pada smartphone ini juga tergolong mewah, yaitu kamera bagian depan dan bagian belakang.

Pada bagian depan disematkan kamera beresolusi antara 13 - 20 MP yang bakalan sangat memanjakan ketika digunakan untuk kegiatan foto selfie, swafoto dan video call. .

Sementara pada bagian belakang, terdapat kamera ganda 12 MP + 12 MP yang akan didukung fitur PDAF, Autofocus dan Dual-LED (dual tone) Flash dengan kemampuan merekam video 2160p.

Dual kamera ganda tersebut ini berguna untuk meningkatkan efek tertentu, seperti blur, zoom dan wide angle foto.

Smartphone itu di dalamnya ada kamera yang memiliki fitur deteksi Wajah, Geo tagging, Panorama, Touch focus.

Dari sisi multimedia, smartphone ini memiliki fitur pesan, seperti MMS dan email, fitur musik, seperti MP3, WAV, Eaac+ serta fitur video seperti MP4 dan XviD.

Kehadiran Xiaomi Black Shark ini tentu menjadi ancaman yang serius untuk ponsel gaming dari brand lain, seperti Huawei dan Meizu.

Bagi para gamers, berikut daftar harga dan spesifikasi Xiaomi Black Shark selengkapnya dibawah ini.



HARGA DAN SPESIFIKASI Xiaomi Black Shark



Harga
Rp 7 – 8 Juta

Spesifikasi
Xiao Mi Black Shark

Jaringan
2G, GSM, 3G, HSDPA, HSPA+, 4G LTE
4G LTE Cat 6 300/50 Mbps
Dual SIM

Dimensi
158.6 x 75.4 x 8.1 mm

Berat
181 gram

Bahan
Metal + Kaca

LED Notifikasi
Ada

Layar
Layar 6.0 inci IPS LCD
Resolusi HD 1080 x 2160 pixels
Rasio 18 : 9
Kerapatan ~ 403 ppi
Full Screen Display
Corning Gorilla Glass 5

OS
Android v8.0 Oreo
MIUI 9.0

Prosesor
Chipset: Snapdragon 845
CPU: Octa Core 1.8 GHz Kyro 385
GPU: Adreno 630

RAM
8 GB

Memori
Internal 32/64/128 GB
Eksternal atau Micro SD : up to 256 GB

Kamera Utama
2 MP + 12 MP
Autofocus, PDAF, Dual-LED Flash, Video

Kamera Depan
13 - 20 MP + Video

Sensor
Fingerprint, Accelerometer, Proximit, Gyroscope, Compass, Ambient Light

Wi-Fi
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, Hotspot, Bluetooth

USB
Versi 3.0, USB Type-C

Warna
Black, Gold, White

Baterai
Li-Ion 4000 mAh

Fast Charging
Non-Removable

Menurut laporan Gadgets360, Black Shark hadir dengan teknologi 'X-antenna'.


X-antenna berfungsi sebagai pita antena di sekitar empat sudut. Mulai dari searah jarum jam, sudut kiri atas ada GPS dan Wi-Fi, sudut kanan atas diisi LTE.

Pindah ke bawah kanan, di sana akan tertanam W-Fi MIMO, sedangkan sudut kiri bahwa sama-sama diisi LTE.

Penempatan antena di empat titik tersebut diklaim akan membantu meningkatkan penerimaan sinyal nirkabel untuk bekerja ketika perangkat terbungkus dalam case.

Pada case itu, Black Shark juga memiliki 3 warna, yaitu hitam, gold, dan putih.

Selain X-antenna, Black Shark bakal dilengkapi dengan jaringan 2G, 3G, 4G LTE Cat 6 300/50 Mbps, GSM, HSDPA, HSPA+, VolTE, Wi-Fi, Wi-Fi Hotspot, Wi-Fi Tethering, Bluetooth, GPS dan NFC dan dual SIM berukuran Nano.

Jaringan 3G yang dipasang dengan Handset mampu mempermudah Anda untuk download dan pengalaman berinternet yang lebih cepat.

Jaringan Handset 4G, memberikan Anda lebih lanjut kecepatan download dan pengalaman berinternet yang lebih cepat dari 3G.

Wi-Fi yang di dalamnya Hotspot dan Tethering yang memungkinkan anda untuk menggunakan koneksi internet pada WiFi Anda diaktifkan di laptop.

Ada juga dilengkapi dengan USB portable versi 3.0 dengan tipe C yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan dan bluetooth yang memungkinkan Anda untuk secara nirkabel mendengarkan musik dan panggilan menggunakan headset bluetooth.
   
Di samping itu, smartphone ini didukung oleh GPS, merupakan alat untuk menentukan lokasi Anda. Sehingga Anda bisa mendapatkan petunjuk arah ke suatu tempat dengan bantuan GPS.

Xiaomi Black Shark menjadi sebuah smartphone zaman now yang paling ditunggu oleh para pecinta Xiaomi, khususnya para gamers.

Seiring meningkatknya aktivitas gaming saat ini, untuk itu Xiaomi Black Shark juga dibekali dengan kapasitas baterai sangat power full yaitu berukuran 4000 - 5000 mAh lengkap dengan fitur fast charging.

Bagi gamers, sebelum membeli, alangkah baiknya lihat terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan pada Xiaomi Black Shark.



14 KELEBIHAN Xiaomi Black Shark



1. Dari sisi desain serta tampilan sangat keren dan menawan dengan teknologi layar kaca berbentuk lengkung 2,5D Glass serta perpaduan bodi full metal.

2. Tersedia konektivitas jaringan 3G, 4G, VolTE, Wi-Fi, Wi-Fi Hotspot, Wi-Fi Tethering, Bluetooth, GPS dan NFC yang mampu mengakses internet sangat cepat saat digunakan untuk bermain game dimanapun.

3. Fitur keamanan dengan sensor pemindai sidik jari (fingerprint) dan sensor pemindai wajah Face ID yang akan digunakan untuk membuka ponsel Anda.

Hal ini berguna untuk menjamin kerahasiaan data dan informasi pribadi.

4. Memiliki pelindung anti gores terbaik, yaitu Corning Gorilla Glass 5 untuk menghindari terjadinya goresan pada permukaan layar.

5. Teknologi layar  IPS (In-Plane Switching) LCD yang mampu menampilkan kontras warna lebih cerah dan tajam.

6. Layar berukuran 6,0 inci OLED dengan resolusi HD + 2160 x 1080 pixels sehingga mampu menampilkan visual gambar lebih luas yang memberi kenyamanan saat gaming.

7. Menjalankan sistem operasi Android OS versi 8.0 Oreo yang memiliki Dual Core sehingga mampu menyuguhkan aplikasi User Interface. Semakin banyak core , semakin banyak tugas-tugas dapat diproses secara paralel tanpa memperlambat User Interface.

8. Performa handal karena sudah disambungkan dengan prosesor Snapdragon 845 dan pengola grafis Andro 630.

9. Membawa performa yang disajikan sangat cepat berkat dimotori chip Snapdragon 845, CPU Octa-core Kryo 385.

10. Ditunjang kapasitas RAM 8 GB sehingga mampu meningkatkan kinerja multitasking saat gaming. Semakin banyak RAM, semakin banyak aplikasi yang dapat berjalan pada waktu yang sama, yang membuat ponsel yang lebih cepat.

11. Space penyimpanan sangat luas yaitu brupa memori internal sebesar 32 GB yang dipasangkan dengan slot mikro SD kapasitas sebesar 256 GB.

12. Hadir dengan kemampuan fotografi kelas dual dengan kamera utama 12 MP + 12 MP yang didukung fitur Autofocus, PDAF, Dual-LED Flash.

Sehingga dapat memungkinkan Anda untuk mengambil foto dalam cahaya rendah, yang akan menghasilkan kualitas foto lebih bagus. 

13. Didukung oleh kamera depan sebesar 13 - 20 MP yang mampu menghasilkan kualitas foto sangat jernih.

14. Kapasitas baterai yang dibawa sangat besar dengan daya sebesar 4000 - 5000 mAh plus teknologi fast charging yang dapat bertahan lama saat bermain game.



5 KEKURANGAN Xiaomi Black Shark



1. Dari segi teknikal, smartphone ini tidak dapat didukung oleh kartu memori, merupakan kartu dengan kapasitas penyimpanan lebih besar.

Anda juga bisa menggunakan slot SIM jenis Hybrid sehingga tidak bisa menggunakan dual sim yang dibarengi dengan micro SD.

2. Smartphone ini tidak dilengkapi dengan sertifikasi tahan air dan debu berupa IP68 sehingga tidak memungkinkan saat dioperasikan dalam kondisi cuaca ekstrim.

3. Dari segi ekstra, smartphone ini juga tidak memiliki radio FM sehingga Anda tidak dapat mendengarkan stasiun radio favorit Anda pada ponsel Anda.

4. Sisi konektivitas, smartphone ini tidak bisa mengeluarkan output ke TV sehingga Anda tidak dapat menghubungkan ponsel ke TV.

5. Smartphone ini memiliki baterai non-removable, yang dikenal sebagai baterai tanam. Misalnya, smartphone ini terdapat baterai Li-ion, Anda bisa menggunakannya selama 1 tahun, tetapi kemampuan baterainya bisa menurun.

Atau, Anda tidak bisa mengganti atau menggunakan baterai cadangan bila bepergian jauh.


CARA MENGGUNAKAN Xiaomi Black Shark


Anda bisa menggunakan Xiaomi Black Shark dalam berbagai cara.

Xiaomi Black Shark mempunyai dukungan ke perangkat ekstra berupa pegangan nirkabel yang bisa dilepas.

Pegangan ini mempunyai fungsi sebagai kontroler, menjadi arena bagi jari jemari memainkan aksinya.

Diantaranya, Anda bisa bermain game secara online dengan menggunakan Black Shark karena dengan adanya layar luas maka kontras dalam gambar terlihat lebih jernih dan detail.

Pada dual SIM, Anda bisa menggunakan beberapa sim pada waktu yang sama.

Hal ini memungkinkan Anda untuk menggunakan dua layanan tanpa perlu membawa dua ponsel pada waktu yang sama.

Selain bermain game, Anda bisa juga membaca, browsing internet dan menonton video player berupa lagu-lagu dan film pada layar yang lebih besar.

Anda bisa mendengar lagu-lagu favorit Anda pada pemutar musik, seperti MP3, WAV, eAAC+, dll. Mendukung UHD Video Recording berukuran 2160p @ 30 fps (frames per second), Anda juga bisa merekam video mengenai momen-momen indah bersama orang yang Anda cintai.

Nah, Anda bisa berburu untuk mendapatkan Xiaomi Black Shark dengan berbelanja di website marketplace, seperti Bukalapak, JD.ID, Lazada dan Blibli.



HARGA Xiaomi Black Shark



Sayangnya, masih belum ada bocoran harga smartphone Xiaomi “Blackshark”.

Di Indonesia, perangkat ini yang dibekali dengan Snapdragon 845 akan dibandrol berkisar antara Rp 7 - 8 juta.

Harga tersebut akan tergantung pada warna perangkat dan memori internal (RAM).

Berdasarkan informasi laman dari 101prices.com, harga Black Shark yang beredar di Tiongkok adalah 6,1 juta.

Sedangkan, harga yang beredar di India adalah 8, 4 juta.

Meski begitu, Xiaomi dikenal gemar merilis perangkat dengan harga yang lebih murah.

Mungkinkan produk ini dijual di bawah Rp 5 juta?

Kita tunggu saja.