Saturday, April 14, 2018

Spesifikasi Harga Vivo V9

Buy from amazon.com


Kehadiran Vivo V9 diresmikan di Indonesia dalam bentuk grand launching yang sangat meriah dengan menampilkan drama musikal oleh artis papan atas nasional seperti Afghan dan Agnes Mo serta disiarkan langsung oleh sembilan stasiun TV.

Vendor asal Tiongkok ini sengaja memilih pelataran Candi Borobudur sebagai lokasi peluncuran pada 29 Maret 2018 yang lalu disebut mereka dengan maksud memperkenalkan smartphone ini sebagai paduan teknologi dan fashion dengan budaya.

Vivo memang percaya diri dengan kualitas ponsel ini sehingga berani menghabiskan banyak dana untuk menggelar acara peluncuran yang sangat mewah dan promosi besar-besaran sebelum peluncuran.

General Manager for Brand Activation Vivo Indonesia Edi Kusuma menyebutkan pihaknya sedikitnya menghabiskan sekitar Rp 100 Miliar untuk peluncurannya yang bertujuan untuk mendongkrak penjualan V9.

V9 tak hanya dimaksudkan untuk menyasar pasar pengguna yang melek teknologi tetapi juga masyarakat luas khususnya anak muda yang tak terlalu peduli soal spesifikasi dan kualitas.

Ya, Vivo meman berambisi menjadi vendor nomor satu di Indonesia dan unjuk gigi di dunia internasional.

Jadi tak heran, vendor ini juga berani mengeluarkan dana Rp 6 Triliun sebagai sponsor resmi Piala Dunia 2018.

Sebagai smartphone Vivo pertama yang menampilkan desain layar berponi yang menjadi trend di tahun ini seperti iPhoneX, V9 menawarkan sesuatu yang unik dibandingkan smartphone yang ada di pasaran yakni adanya dua kamera pada bagian belakang dan kamera depan beresolusi 24 megapiksel. 

Menawarkan desain premium, kinerja mumpuni, fitur yang canggih serta kamera yang bagus, Vivo ingin mengambil pangsa pasar smartphone selfie di Tanah Air yang selama ini dipegang rival senegaranya, Oppo.

Selain V9, secara bersamaan Vivo juga menawarkan V9 Plus yang memiliki keunggulan di sektor dapur pacu dan kapasitas. Dibandingkan V9, V9 Plus memiliki prosesor dan RAM yang lebih tinggi yakni Snapdragon 660 octa-core 2.2 GHz Kryo yang didukung RAM sebesar 6 GB.

Sesuatu yang ‘plus’ dibandingkan V9 dengan prosesor Snapdragon 450 Octa-core 2.2 GHz dan RAM 4GB.

V9 Plus dilengkapi dengan kapasitas baterai lebih besar dibandingkan V9 yakni 3600 mAh.

Sementara V9 sendiri memiliki 3260 mAh.

Tak heran harga V9 Plus pun menjadi lebih mahal dibandingkan V9. Namun hingga artikel ini ditulis, pihak Vivo belum merilis V9 plus lengkap dengan harganya.

Sebelum membahas spesifikasi pada Vivo V9, ada baiknya kita lihat dari sisi unboxing atau saat kotak berisikan smartphone itu dibuka.

Warna kotak tersebut didominasi putih dan terdapat logo Piala Dunia 2018 di Rusia (Vivo menjadi sponsor resmi helatan ini).

Pada bagian kotak terdapat tulisan “Perfect Shot, Perfect View”.

Pada bagian belakang, terdapat informasi mengenai spesifikasi Vivo V9 walaupun tidak lengkap.

Lalu apa isi dalam kotak tersebut.

Selain Vivo V9 yang menggunakan plastik pelindung, terdapat juga buku garansi, manual book, SIM Ejector, soft case, kabel USB, earphone, dan adapter.



SPESIFIKASI LENGKAP Vivo V9



Berikut spesifikasi Vivo V9, seperti dikutip dari gsmarena.com dan Kompas.com.

1. Layar: 6,3 inci, resolusi 1.080 x 2.280.

2. Resolusi: 1080 x 2280 pixels.

3. Tipe: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors.

4. Touchscreen 2.5 D.

5. Dimensi: 154,81 x 75,03 x 7,89 mm.

6. Berat: 150 gram.

7. Warna: Black in gold (Hitam), Gold.

8. Prosesor: Qualcomm Snapdragon 660 octa-core 2.2 GHz Kryo.

9. RAM/Internal: 6 GB/64 GB (ekstensi 256 GB).

10. Baterai: 3600 mAh.

11. Sistem Operasi: Funtouch OS 4.0 (Android 8.1).

12. Slot Kartu: 2 Nano SIM dan 1 microSD, Dual SIM Dual Standby .

13. Kamera depan: AI selfie  24 MP (bukaan f/2.0).

14. Kamera belakang: Kamera utama 13 MP, Kamera sekunder 2 MP bukaan f/2.0, LED flash, AI-bokeh.

15. Mode kamera: Ultra HD, PPT, Profesional, Slow Motion, Time-Lapse Photography, Camera Filter, Live, AI Bokeh, AI HDR, AI Face Beauty, panorama, Palm Capture, Gender Detection, Screen Flash, AR Sticker, AI Scene Recognation.

16. Konektivitas: Micro-USB 2.0, Wi-Fi, Bluetooth 4.2, GOS, OTG, FM.

17. Sensor: Accelerometer, Ambient light sensor, Proximity Sensor, E-Compass, Virtual Gyroscpore.



PEMBAHASAN SPESIFIKASI Vivo V9



Berikut kita tampilkan pembahasan satu persatu spesifikasi dari ponsel ini.

LAYAR


Baik V9 dan V9 Plus menampilkan desain layar kekinian, mirip seperti iPhone X dan Asus Zenfone 5 dengan memunculkan secuil notch (takik) atau poni yang berada di bagian paling atas pada layarnya yang beukuran 6,3 inchi dengan aspek rasio 19:9.

Kehadiran poni tidak akan menghalangi kenyamanan pengguna saat bermain game atau melakukan aktivitas sehari-hari dengan ponsel.

Dengan bezel samping hanya 1,75 mm, rasio layar dibandingkan body smartphone ini mencapai 90 persen, 5,2 % lebih besar dibandingkan seri sebelumnya, V7+ sehingga memberikan pengalaman menikmati visual jauh lebih baik.

Layar ini juga dilapisi dengan pelindung Gorilla Glass 5 untuk menjamin keamanannya dari goresan.

Didukung gambar full HD plus, V9 dilengkapi dengan panel LCD IPS sehingga mampu menhasilkan 1080 x 2280 pixels dengan kerapatan piksel hingga 400 ppi per inchi.

Pengguna akan nyaman bermain game dan menonton film dengan kualitas gambar tinggi.

BODY


Bobot smartphone terasa ringan, hanya 190 gram karena menggunakan material polycarbonate yang dikombinasikan dengan alumunium pada bagian belakang.

Ponsel ini nyaman digenggam pada telapak tangan karena terdapat lengkungan 3D pada penutup belakang.

Meski ditujukan untuk pangsa pasar smartphone kelas menengah, desain V9 dan V9 Plus berkelas, ramping dan elegan sehingga terlihat premium.

KAMERA


Meski kamera depannya memiliki resolusi yang sama dengan series V7 dan V7 Plus yakni 24 megapiksel, namun V9 dan V9 Plus menawarkan keunggulan karena dilengkapi teknologi AI (Arificial Intelligence).

Salah satu fitur terbaik yang ditawarkan adalah AI Beauty.

Fitur AI Beauty dirancang untuk menghasilkan momen fotografi yang memuaskan bagi penggunanya.

Foto selfie yang dihasilkan lebih natural dan jernih walaupun dalam kondisi gelap atau minim pencahayaan seperti pada malam hari.

Selain itu, AI Beauty mampu mengidentifikasi tekstur wajah pengguna saat melakukan selfie, jenis kelamin, usia serta kondisi intensitas cahaya.

Digital Trends menyebut untuk menyempurnakan algoritma teknologi AI ini. Ada satu juta database foto selfie dari seluruh dunia telah digunakan.

Tak heran, AI Beauty mampu mempelajari pengaturan yang biasa digunakan banyak orang saat berselfie sehingga memberikan preferensi  otomatis yang ideal sehingga menghasilkan keindahan objek secara natural.

Selain AI Beauty, Vivo juga menambahkan fitur AR (augmented reality) sticker sehingga pengguna dapat menambahkan animasi yang diinginkan agar selfie menjadi lebih lucu dan menarik.

Sementara fitur yang lain, AI Face Access, saat diaktifkan mampu memindai karakter kulit wajah pengguna secara lebih detil, tidak terganggu gerakan halus maupun faktor pencahayaan yang minim.

Dengan AI Face Access untuk App-Lock, fitur ini mampu menambah keamanan privasi bagi pengguna ponsel ini karena pengguna dapat mengamankan data untuk setiap aplikasi.

Selain itu, ada juga fitur canggih lainnya yakni AI Attention Sensing yang memungkinkan ponsel ini mampu mengenali wajah pengguna.

Pengguna juga akan menjadi lebih nyaman melihat layar ponsel karena fitur ini secara otomatis akan meminimalkan gangguan dengan cara mengurangi volume alarm, panggilan masuk dan notifikasi dari aplikasi media sosial.

Kelebihan yang ditawarkan V9 Plus terletak di spesifikasi kameranya terutama di bagian belakang yang terdapat dua kamera berbeda resolusi dengan LED flash yakni 13 megapiksel untuk kamera utama dan 2 megapiksel untuk kamera sekunder.

Adanya dual rear camera ini bertujuan untuk menambah kenyamanan bagi pecinta mobile fotografi untuk lebih mengoptimalkan fokus objek karena pilihan mode gambar dari dua resolusi kamera.

The-photography-blogger.com menyebut hasil fotografi baik menggunakan front dan rear camera ponsel ini sebagus kualitas foto kamera DSLR pada settingan mode manual.

Ya, ponsel ini mampu membuat pengguna melakukan setting terhadap eksposure pada kamera, seperti  mengatur shutter speed atau kecepatan rana, white balance, ISO, dan exposure compensation alias kompensasi exposure  sehingga pencahayaan tepat diperoleh saat akan mengambil foto.

Namun jika pengguna tak terbiasa akan settingan tadi, tersedia otomatis mode bagi pemula.

Pengguna mampu secara manual menyetting shutter speed dengan kecepatan maksimum 1/12.000 detik sehingga mampu menangkap objek dengan cepat dalam frame.

Selain itu, shutter speed dapat disetting hingga selambat 16 detik, yang memungkinkan pengguna mampu menangkap gambar bergerak secara jelas.

V9 juga mampu membuat pengguna mengatur ISO, tingkat sensitivitas sensor kamera pada cahaya dengan nilai terendah ISO 50 dan tertinggi ISO 3200.

V9 memang tak memiliki range temperatur cahaya namun pengguna dapat mengatur white balance sehingga memungkinkan menangkap objek yang didominasi putih seperti gambar langit saat siang hari.

Sementara itu V9 juga dilengkapi dengan fitur AI Bokeh yang mendukung kinerja kamera belakang ganda.

Menggunakan pengolah data yang diolah baik oleh machine learning, fitur ini mampu menghasilkan efek bokeh pada foto seperti yang bisa dilakukan oleh kamera DSLR sehingga dihasilkan mahakarya yang artistic asalkan pengaturan titik fokus tepat, seperti yang diklaim vendor sendiri dalam laman resminya. (Vivo.com)

Funtouch OS 4.0


Dengan sistem operasi Android 8.1 Oreo, Vivo V9 menampilkan antarmuka Funtouch OS 4.0 yang menawarkan pengalaman yang unik karena memberikan kemudahan dalam navigasi.

Dengan mode gesture seperti yang ada pada antarmuka iPhone X, dengan melakukan swipe dan gesture pada bagian bawah pada layar, pengguna lebih muda memunculkan dan menghilangkan tombol home, control dan back.

Biasanya kebanyakan ponsel Android menggunakan swipe pada bagian atas untuk mengakses tombol pengaturan cepat.

Di sisi lain, Funtouch OS 4.0 juga memiliki fitur game mode yang membuat pengguna semakin nyaman bermain game.

Pengguna dapat memblokir semua panggilan, pesan, dan notifikasi saat bermain termasuk menampilkan panggilan telepon hanya dari white list atau kontak pilihan dengan fitur ini.

Pengguna juga dapat dengan mudah mengabaikan panggilan dengan menggeser ke atas saat bermain game.

Selain itu, ada juga fitur picture-in-picture sehingga dapat membalas pesan penting saat bermain game.

KINERJA DAPUR PACU


V9 Plus didukung oleh prosesor Snapdragon 660 octa-core 2.2 GHz Kryo dan RAM sebesar 6 GB .

Sementara V9 mengandalkan prosesor Snapdragon 450 walaupun di negara lain menggunakan Snapdragon 620 namun keduanya diklaim memberikan kinerja hampir sama, hanya berbeda di clock speed.

Perbedaan prosesor pada V9 membuat smartphone ini memungkinkan pengguna lebih nyaman bermain game dan melakukan aktivitas sehari-hari seperti mengakses sosial media dan browsing.

Kinerja dapur pacu V9 Plus cukup baik apalagi ditunjang oleh kapasitas baterai cukup mumpuni, 3600 mAh yang mampu bertahan seharian penuh jika digunakan dalam aktivitas sehari-hari menggunakan koneksi internet 4G tanpa memainkan game dengan tingkat grafis yang tinggi.

Walau tak didukung teknologi fast charging, hanya dibutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk menge-charge baterai dari posisi 0 persen ke 100 persen.

Tidak cepat namun juga tidak lambat.

Memori internal yang cukup luas sebesar 64GB membuat pengguna leluasa memasang game atau aplikasi yang mengkonsumsi ruang cukup tinggi.

Lagipula, bisa ditambah hingga 256GB lewat microSD tambahan.

Gizbot.com menyebut bermain game berat seperti Contest of Champions and Asphalt 8 berjalan lancar.

Tidak ditemukan kendala signifikan karena RAM V9 Plus memang cukup tinggi, 6 GB.

Sementara, situs dalam negeri, jalantikus.com menyebut hal yang sama saat memainkan game Mobile Legend dan PUBG.

Tampilan layar full HD membuat pengguna semakin nyaman memainkan game dengan tingkat grafis yang bagus.

KONEKTIVITAS DAN FITUR LAINNYA


Dalam hal konektivitas, baik V9 dan V9 plus dilengkapi dual-band WiFi, GPS, USB-OTG, FM Radio dan Bluetooth 4,2.

Hanya 1 Slot SIM Card yang dapat digunakan untuk koneksi 4G.

Sementara slot lainnya terbatas hanya koneksi 3G.

Sementara fitur pendukung lainnya juga tersedia seperti accelerometer, ambient light sensor, Proximity Sensor, E-Compass, dan Vrtual Gyroscpore.

Sementara area fingerprint terletak bagian belakang tersusun vertical dengan dual camera dan logo Vivo.

Dari segi security, ponsel ini menggunakan sensor fingerprint dan pengenalan wajah.

Kedua fitur ini dapat membuat membuka dan mengunci ponsel dilakukan lebih mudah dan prosesnya cepat.

V9 menggunakan speaker tunggal yang terletak pada bagian bawah smartphone. Suara yang dihasilkan cukup bagus, bahkan tak pecah saat dalam kondisi volume tertinggi.



HASIL PENGUJIAN



Untuk melakukan pengujian terhadap performa ponsel ini ada baiknya dilakukan dengan aplikasi benchmarks.

Android Headlines melaporkan telah menjalankan uji benchmark pada V9 dengan menggunakan 3D Mark, AnTuTu dan GeekBench 4 yang menghasilkan skor cukup bagus sehingga masuk dalam 50 besar smartphone tercanggih di dunia, yakni skor pada uji 3D Mark adalah 474, Vulkan 420 dan AnTutu 89.491 untuk kategori Sling Shot Extreme.


Sementara, phoneworld.com.pk melaporkan hasil benchmarking menggunakan AnTuTu pada V9 dengan hasil skor 72962.



KELEBIHAN DAN KEKURANGAN V9 DAN V9 PLUS



KELEBIHAN


1. Kualitas Kamera Depan Baik


Dengan resolusi 24 MP, kamera V9 mampu menangkap objek dengan baik dan menghasilkan gambar berkualitas, hampir setara dengan kamera DSLR dengan detail gambar dan warna yang cukup tinggi.

Dilengkapi dengan AI Beauty dan AI Bokeh, kualitas foto selfie semakin terlihat cemerlang sehingga cocok dibagikan di media sosial.

2. Kualitas Kamera Belakang Bagus


Kamera ganda pada bagian belakang dilengkapi dengan fitur yang mendukung terciptanya foto yang keren seperti autofocus, deteksi wajah, mode siaran langsung dan AI Bokeh.

Baik kamera depan dan belakang mampu merekam video dengan kualitas 4K pada frame rate maksimum 30fps.

Tersedia juga opsi time lapse.

3. Desain Premium dan Layar berkualitas


Tampilan layar berponi membuat ponsel ini bergaya futuristik, mirip seperti iPhoneX.

Paduan desain material logam dan kaca memberikan nuansa premium.

Selain itu, V9 plus nyaman digenggam karena beratnya hanya 150 gram.

Layar 6,3 inchi memiliki aspek ratio 19:9 dan resolusi Full HD+ sehingga menghasilkan sudut penampakan yang baik.

Layar bahkan dapat dilihat jelas di luar ruangan.

4. Kinerja Bagus


Ditengarai prosesor dan RAM yang lebih tangguh dibandingkan V9 yakni Snapdragon 660 octa-core 2.2 GHz Kryo dan sn RAM sebesar 6 GB, V9 Plus mampu menghasilkan kinerja cukup baik sehingga mampu memainkan game bergrafis tinggi.

5. Audio Berkualitas


Kualitas audo V9 plus yang keluar dari speaker (terletak pada bagian bawah) cukup keras dan jelas bahkan jika dalam kondisi volume maksimum.

Selain itu, smartphone ini dilengkapi headphone berukuran 3,5 mm

6. Sensor fingerprint 


Terletak pada bagian belakang sehingga sangat mudah diakses. Selain itu, sensor ini sangat responsive dan mampu membuka ponsel dengan cepat.

7. V9 Plus tampil dengan 2 SIM Card 


Bukan hybrid sehingga semua slot dapat digunakan, tak harus bergantian dengan SD card.

8. Adanya antar-muka FunTouch OS 4.1 dengan Android Oreo 8.1, 


membuat ponsel ini menawarkan kesan dan sentuhan mirip iPhone X.

9. Kecepatan WiFi sebesar 5.0 Ghz 


Mampu mencegah koneksi data putus dan kecepatan transfer data bertambah dibandingkan seri Vivo sebelumnya.

KEKURANGAN


1. Kamera belakang 


tak mampu bekerja dengan baik jika dalam kondisi cahaya berlebihan terutama pada siang hari.

2. Disarankan, ponsel ini dilengkapi dengan casing tambahan agar tak mudah kotor.


Tampilan yang mulus memang mampu membuat V9 memiliki desain yang premium namun permukaan yang mulus ini mempermudah jejak jari dan kotoran tinggal di ponsel.


3. Redmi Note 5 Pro yang memiliki baterai 4000 mAh. 


Kapasitas baterai sebesar 3600 mAh pada V9 plus memang sedikit lebih baik dibandingkan V9 namun kalah jika dibandingkan ponsel kelas menengah lainnya.

4. Tidak didukung dengan teknologi fast charging 


sehingga harus menghabiskan waktu satu jam untuk charging satu siklus, yakni dari 0% hingga 100%.

5. Tidak didukung USB Tipe C tak seperti kebanyakan ponsel kelas menengah pada 2018.




PERBANDINGAN Vivo V9 DENGAN SMARTPHONE LAINNYA



PERBANDINGAN V9 DENGAN V9 PLUS


Secara umum, tak ada perbedaan banyak yang terdapat dalam spesifikasi V9 dan V9 Plus.

Secara desain, kedua menggunakan desain ‘poni’ yang sama mirip iPhone X, namun ada beberapa pebedaan kedua smartphone ini, yakni:

1. V9 Plus dibuat sedikit lebih lebar jika dibandingkan dengan V9.

2. Prosesor V9 Plus, Snapdragon 660 octa-core 2.2 GHz Kryo dibandingkan milik V9, Snapdragon 450 Octa-core 2.2 GHz.

3. RAM V9 Plus 6 GB lebih besar dibandingkan RAM V9 4 GB.

4.Memori internal V9 Plus 128 GB, hampir dua kali lipat dari V9, 64 GB.

5. Walaupun harga V9 Plus belum dirilis namun diprediksi dibanderol Rp 4,7 Juta,  lebih mahal dibandingkan V9 Rp 3,9 Juta.

PERBEDAAN Vivo V9 Plus DENGAN V7 Plus


Kedua ponsel ini memiliki banyak perbedaan yang cukup signifikan termasuk dari sisi desain yang mencolok.

Selain memilik tampilan rasa iPhoneX, V9 Plus juga memiliki performa yang tangguh bahkan dibandingkan dengan smartphone lain di kelas menengah.

Kesimpulannya, karena kedua ponsel ini berbeda generasi, V9 atau V9 Plus lebih direkomendasikan bagi pecinta selfie dibandingkan V7 Plus.


Perbedaan Spesifikasi
Vivo V9+
Vivo V7+
Harga : Rp 4,7 Juta (harga prediksi, belum dirilis)
Harga : Rp 4,3  Juta (Sumber: jd.id)
JARINGAN
Jaringan GPRS, EDGE, 3G, 4G
LTE Cat12 600/50Mbps
Dual SIM , Nano SIM
Dedicated slot
Jaringan GPRS, EDGE, 3G, 4G
LTE Cat9 450/50 Mbps
Dual SIM , Nano SIM
Dedicated  slot
DIMENSI
Dimensi : 154.8 x 75.1 x 7.9 mm
Berat : 150 gram
Bahan : Full Metal
LED Notifikasi : Ada
Dimensi : 155.9 x 75.8 x 7.7 mm
Berat : 160 gram
Bahan : Full Metal
LED Notifikasi : Ada
LAYAR
Layar IPS LCD Capacitive
Lebar 6.3 inchi
Rasio 18.5 : 9
Resolusi : 1080 x 2280 pixels
Kerapatan : ~400 ppi
2.5 D Screen
Gorilla Glass 5
Layar IPS LCD Capacitive
Lebar 5.99 inchi
Rasio 18 : 9
Resolusi : 720 x 1440 pixels
Kerapatan : ~269 ppi
2.5 D Screen
Gorilla Glass 4
SOFTWARE
OS Android 8.0 Oreo
OS Android v7.1 Nougat
HARDWARE
Chipset : Snapdragon 450
Fabrikasi 14 nm
CPU : Octa-core 1,0 GHz Cortex-A53
GPU : Adreno 506
RAM : 4 GB
Chipset : Snapdragon 450
Fabrikasi 14 nm
CPU : Octa-core 1.8 GHz
GPU : Adreno 506
RAM : 4 GB
KAMERA
Kamera Belakang Dual 13 + 2 MP, f/2.0
Phase Detection Autofocus
LED flash
Perekam Video 2160p@30fps
Kamera Depan 24 MP + AI, f/1.8
Soft-light flash
Kamera Belakang 16 MP, f/2.0
Phase Detection Autofocus
LED flash
Perekam Video 1080p@30fps
Kamera Depan 24 MP, f/2.0
Soft-light flash
MEMORI
Memori Internal 64 GB
Memori Ekternal 256 GB
Memori Internal 64 GB
Memori Eksternal 256 GB
KONEKTIVITAS
WiFi 802.11 a/b/g/n/ac
Dual Band
Wi-Fi Direct
Hotspot
GPS – A GPS Support
Bluetooth v4.2 A2DP
Radio FM
microUSB 2.0
USB OTG
WiFi 802.11 a/b/g/n
Dual Band
Wi-Fi Direct
Hotspot
GPS – A GPS Support
Bluetooth v4.2 A2DP
Radio FM
MicroUSB v2,0
USB OTG
SENSOR
Face Unlock
Fingerprint
Accelerometer
Proximity
Gyroscope
Compass
Fingerprint
Accelerometer
Proximity
Gyroscope
Compass
BATERAI
Baterai Li-Ion 3600 mAh
Non-Removable
Baterai Li-Ion 3225 mAh
Non-Removable
Catatab : Warna Merah berarti Lebih Bagus,  Sumber: alerismartphone.com


PERBANDINGAN Vivo V9 VS OPPO F7


Baik Vivo V9 dan Oppo F7 sama-sama menargetkan sebagai smartphone selfie yang spesialis menghasilkan foto berkualitas tinggi dengan desain berkelas dan kinerja mumpuni.

Keduanya juga diperkenalkan ke publik pada waktu hampir bersamaan.

Vivo V9 pada pada 29 Maret 2018 yang lalu dalam acara jor-joran di Borobudur.

Sementara, Oppo F7 sudah bisa dibeli sejak 12 April 2018.

Walaupun keduanya  berasal dari induk perusahaan investor yang sama, kedua ponsel  ini sama-sama menerapkan desain ‘poni’ mirip dengan iPhone X dengan menargetkan pangsa pasar anak muda yang doyan selfie.

1. Harga


Oppo Indonesia membanderol Oppo F7 seharga Rp 4,2 juta untuk varian RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

Sementara, harga Oppo F7 versi plus versi penyimpanan 128 GB belum diumumkan, sama dengan harga Vivo V7 plus belum juga diumumkan.

Namun untuk harga, Vivo V7 seharga Rp 3,999 juta atau Rp 4 juta,  lebih murah dibandingkan Oppo F7.

2. Dapur Pacu


Smartphone Oppo F7 yang beredar di Indonesia membawa prosesor terbaru MediaTek, Mediatek Helio P60 Octa core, 4 CPU ARM Cortex-A73 2 GHz + 4 CPU ARM Cortex-A53 2 GHz, prosesor yang sama digunakan di India.

Kecepatan dapur pacu yang  digunakan oleh Vivo V7, Snapdragon 660 octa-core 2.2 GHz Kryo, sedikit di atas milik Oppo F7.

3. Desain


Techradar.com menyebut desain Oppo F7 secara umum sedikit lebih baik dibandingkan Vivo V9 namun lebih berat karena pada sisi bundar V9 lebih tajam dibandingkan F7.

Walaupun demikian, V9 memiliki LED notifikasi, fitur yang tidak ditemukan pada F7.

Secara umum kedua desain smartphone ini hampir mirip termasuk dari desain layar dan letak sensor fingerprint yang ada pada bagian belakang.

Bagian belakang kedua ponsel ini dibuat dari material polymer sehingga mirip dengan kaca.

Alhasil, keduanya juga memiliki kelemahan yang sama, terlalu mudah kotor terutama oleh jejak jari.

Desain mana jadi yang lebih baik? Sangat subjektif, tergantung opini dan preferensi pribadi.

4. Kinerja dan Software


Meskipun Vivo V9 dan Oppo F7 menggunakan OS Android terbaru, Android Oreo 8.1 memiliki RAM yang sama 4GB, serta memori internal yang sama, 64GB storage, keduanya menerapkan fitur antar-muka yang berbeda.

F7 menggunakan ColorOS 5 sementara Vivo mengusung FuntouchOS 4.

Keduanya sama-sama mengadopsi interface yang untuk theme menyerupai digunakan iOS.

Bahkan saat akan masuk ke menu setting, layar digeser dari bawah bukan dari atas, seperti pada kebanyakan ponsel Android.

5. Layar


Ukuran dan design layar keduanya hampir mirip.

Keduanya mengusung layar full HD plus dengan ukuran layar sedikit berbeda.

Oppo F7 memiliki layar berkuran 6,23 inch sementara Vivo tampil dengan 6,3 inch.

Walaupun keduanya memiliki aspek rasio yang sama 19:9, Oppo F7 akan tampil dalam  aspek rasio yang sama ketika tampil dalam mode full screen atau layar penuh.

Namun, Vivo V9 tak bisa mengakodomasi bagian takik (notch) atau poni dalam mode  yang sama.
Dalam hal ini, Oppo ini lebih efisien dalam memanfaatkan layar.

6. Baterai


Perbedaan kapasitas Oppo F7 dan Vivo V9 sangat tipis.

Vivo V9 Plus ditengarai memiliki baterai 3600 mAh dan F7 bekerja dengan 3400 mAh.

Perbedaan tipis ini seharusnya tak terlalu mempengaruhi kinerja kedua ponsel.

Begitu juga jika dibandingkan antara Oppo dengan Vivo V9 dengan kapasitas 3260 mAh.

Perbedaan kedua prosesor mungkin menjadi faktor keterhubungan dalam penggunaan baterai.

Oppo F7 terlihat lebih menggunakan baterai dengan efisien saat  mengakses video dan browsing.

Oppo masih memiliki sisa baterai 20 persen  sementara V9 sudah mati.

Sisa 20% ini adalah jumlah yang begitu signifikan karena bisa dimanfaatkan untuk melakukan banyak pilihan aktivitas menggunakan ponsel seperti mendengarkan musik, browsing atau bertukar pesan dengan fasilitas social  messaging seperti WhatsApp.

7. Kamera


Kamera merupakan fitur yang paling dibanggakan kedua ponsel.

Vivo V9 dan V9 Plus mengusung dua kamera beakang sementara Oppo F7 hanya satu.

Kamera utama Vivo beresolusi 16 MP dan kamera kedua 5 MP.

Vivo membuat pengguna memiliki opsi menggunakan AI Bokeh untuk memperbaiki kualitas gambar dan dapat merekam video  kualitas 4K.

Kedua hal yang tak sanggup dilakuka  Oppo.

Pada kondisi alami, menggunakan Vivo V9 menghasilkan gambar lebih terang namun Oppo F7 menghasilkan gambar lebih tajam.

Vivo juga menghasilkan pantulan cahaya  pada gambar.

Sementara, pada hasil potretan Oppo lebih bersih.

Tentu saja, hasil ini mengecewakan untuk Vivo karena mereka menggunakan dual camera untuk  menghindari terjadinya eksposure cahaya berlebihan.

Selain itu, kamera Vivo V9 bekerja lebih buruk dalam kondisi minim cahaya.

Kamera tunggal Oppo 16 MP dapat menangkap cahaya lebih efisien walaupun gambar  yang terlihat lebih kasar.

Walaupun demikian, Vivo meghasilkan detail foto lebih mendalam walaupun tak terang walaupun AI Bokeh sudah diaktifkan pada Vivo.

Untuk kamera depan, Oppo F7 memiliki resolusi 25 MP, sedikit di atas V9 maupun V9 plus dengan kamera 24 MP.

Jika melakukan selfie dalam kondisi biasa, terlihat  foto yang dihasilkan kamera Vivo sedikit lebih baik dibandingkan Oppo.

Namun  jika fitur AI diaktifkan, terlihat pengguna seperti menggunakan kamera yang  berbeda.

Fitur AI pada Vivo V9 memang mampu membuat foto terlihat lebih lembut namun foto jadi terlihat lebih hangat.

Sementara AI pada kamera, menghasilkan foto terlalu  lembut.

Intinya, fitur AI pada kedua ponsel terlalu berlebihan melembutkan suatu objek.

Dalam kondisi begini, terlihat V9 menang tipis atas F7.

Namun jika foto dilakukan dalam kondisi gelap atau minim.

Fitur AI Bokeh pada Oppo bekerja lebih dalam menghasilkan foto lebih terang dan dalam jika  dibandingkan pada ponsel Vivo.

Kondisi yang hampir sama saat menggunakan kamera belakang.

Kesimpulannya, penggunaan kamera ganda pada Vivo V9 seperti tak ada gunanya jika dibandingkan dengan foto yang dihasilkan kamera belakang Oppo F7 yang jumlahnya  hanya tunggal.

Walaupun demikian, jika kita berbicara soal selfie, hal ini terkait subjektivitas masing-masing individu serta bagaimana cara foto tersebut diambil.

Sama seperti saat menggunakan software berbeda dalam mengedit foto, hasil didapat kadang berbeda.



KESIMPULAN



Karena harga Vivo V9 plus masih belum dirilis maka lebih tepat jika dibandingkan antara Vivo V9 dengan Oppo F7.

Jika dibandingkan dengan harganya dijual di Indonesia.

Harga V9 Rp 4 juta, lebih murah dibandingkan dengan F7 yang dibanderol dengan harga Rp 4,2 juta.
Ada selisih sekitar Rp 300 ribu.

Secara umum, Oppo F7 sedikit lebih baik dibandingkan Vivo V9.

Faktor kapasitas baterai yang lebih tinggi menjadi pertimbangan.

Selain itu, F7 ternyata menghasilkan foto lebih baik dalam kondisi minim cahaya dibandingkan V9.

Jika anda pecinta selfie, F7 menjadi pilihan yang lebih baik.

Yang menjadi pertimbangan utama, apakah selisih harga di atas nilainya lebih tinggi dibandingkan perbedaan performa yang ditawarkan keduanya?



MANFAAT TAMBAHAN



Sebelum diluncurkan pada 29 Maret 2018 yang lalu, Vivo V9 sudah ditawarkan dalam bentuk pre-order.

Berkolaborasi dengan beberapa operator telekomunikasi seluler di Indonesia seperti Telkomsel, XL dan Indosat, V9 ditawarkan secara gratis dengan manfaat tambahan paket data, jika membeli paket bundling.

Seperti contoh, Telkomsel yang menawarkan paket data sebesar 60 GB dengan harga Rp 45 ribu per bulan selama 3 bulan jika melakukan pre-order terhadap V9.

Sementara  Indosat menawarkan paket spesial Indosat Freedom Internet Plus 15 GB bisa dengan harga Rp 50 ribu per bulan.

Sementara, XL menawarkan paket data 30 hari 9 Gigabyte (GB) untuk Iflix dan Mobile Legends: Bang Bang dengan harga Rp 9 ribu per bulan.

Selain itu, Vivo juga menggandeng beberapa toko online di Indonesia yakni Lazada, Shopee, Akulaku, JD, Erafone dan Dinomarket untuk penjualan pre-order.

Pembeli akan mendapatkan bonus Bluetooth Stereo Headphone dan JOOX VIP Code serta gratis ongkos kirim.

Box vivo V9 yang dibeli melalui sistem pemesanan atau pre-order berisi perangkat V9 yang telah terpasang vivo earphone, protective film, USB cable, SIM ejector, USB power adaptor, dokumentasi dan protective case.

Kini, Vivo V9 sudah resmi diluncurkan dan sudah bisa diperoleh di gerai ponsel seluruh Indonesia.

Apakah operator masih menawarkan bundling atau manfaat pembelian smartphone khusus selfie ini?

Sebagai mobile official partner, ketiga operator selular tersebut tetap menawarkan Vivo V9 dalam bentuk paket.

Dilihat dari laman indosatooredoo.com, V9 ditawarkan dalam bentuk program bundling Super Plan dan Freedom Postpaid Plus.

Sebagai contoh, dengan membeli paket Super Plan dan membayar Rp 300 ribu per bulan selama 24 bulan atau dua tahun, pelanggan mendapatkan gratis smartphone Vivo V9 dan paket internet 15 GB sebulan.

Namun, paket ini berakhir seminggu setelah peluncuran, tepatnya 5  April 2018. Begitu juga dengan program bundling di XL dan Telkomsel, berakhir pada waktu yang sama.

Lalu bagaimana mendapatkan manfaat tambahan jika membeli sekarang?

Jika membeli dari toko online di atas, anda juga mendapatkan bonus.

Sebagai contoh, Jd.id menawarkan Vivo bluetooth speaker sebagai hadiah jika membeli Vivo V9 seharga Rp 3.999.000.

Demikian juga Lazada dan toko online lainnya.



ANALISIS HARGA PRODUK, PANTASKAH Vivo V9 DIHARGAI Rp 4 JUTA?



Langkah Vivo dalam mengenalkan dan meluncurkan smartphone terbarunya, V9 memang terlihat bombastis dengan menghabiskan banyak anggaran untuk iklan dan peluncuran.

Ini menjadi smartphone pertama di Indonesia yang menerapkan desain 'poni' dengan mengurangi bagian bezelnya, mirip seperti iphone X.

Desain ini disebut menjadi trend pada 2018 dan beberapa minggu kemudian Oppo F7 pun diluncurkan dengan menerapkan desain yang sama.

Untuk memperoleh ponsel ini, pengguna harus mengeluarkan kocek Rp 3.999.000 atau dibulatkan menjadi Rp 4 juta.

Yang menjadi pertanyaan, apakah Vivo V9 pantas dibanderol seperti itu?

Menurut analisis banyak pengamat smartphone, kekurangan ponsel ini terletak pada dapur pacunya yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 450.

Dengan spesifikasi prosesor seperti, harga ponsel lainnya di pasaran tak lebih dari Rp 3 Juta.

Selain itu, kekurangan lainnya terletak di kapasitas baterainya,  3260 mAh.

Sepertinya Vivo percaya diri dengan harganya karena menawarkan desain kekinian, OS Android terbaru, spesifikasi kamera yang lumayan dan didukung fitur AI.

Jika mengacu dari fungsi ponsel sebagai alat untuk selfie.

Oppo F7 menjadi pilihan yang direkomendasikan walaupun harganya Rp 200 ribu s/d Rp 300 ribu lebih mahal.

Namun, hasil foto yang dihasilkan F7 lebih baik dibandingkan V9 termasuk untuk foto dalam kondisi minim cahaya.



TIPS MENGGUNAKAN Vivo V9



Vivo V9 memang ditujukan untuk pangsa pasar bagi pengguna yang menyukai selfie dan fotografi dengan kualitas foto yang lebih baik.

Dilengkapi dengan kamera depan 24 mega piksel dan dua kamera belakang 13 mega piksel dan 2 mega piksel, smartphone ini menawarkan fitur AI (artificial intelligence) yang mampu menambah kualitas foto.

Berikut tips yang dapat digunakan untuk memahami bagaimana menghasilkan foto lebih baik dengan Vivo V9, seperti dilansir dari guidingtech.com.

1. Selfie dengan menggunakan AI Bokeh


Melakukan selfie dengan cara biasa mungkin terlalu umum.

Anda harus mencoba menggunakan AI Bokeh yang menjadi salah satu fitur andalan pada Vivo V9.

Caranya mudah, anda hanya menekan kamera selfie dan memilih mode foto Bokeh.

Kamera depan lalu akan bekerja dengan menangkap foto anda sehingga tercipta hasil yang sangat baik.

AI Bokeh  akan bekerja untuk memokuskan kamera pada objek yang difoto dan kadang kala, penampakan background atau latar menjadi kabur.

2. Mengabadikan momen dengan live photo


Konsep Live Photo ini pertama kali diusung oleh Apple denga ponsel iPhone 6 dan 6S Plus.

Sejak saat itu, live photo menjadi trend sehingga banyak vendor mencoba  mengadopsinya seperti yang dilakukan Samsung pada berbagai varian ponselnya.

Kini, Vivo V9 juga menghadirkan fitur tersebut.

Pengguna dapat mengabadikan momen favoritnya dengan merekam video pendek sebelum dan sesudah melakukan foto.

Bagaimana caranya?

Mudah saja.

Pilih icon Live pada applikasi Camera dan anda akan segera langsung melakukan live photo.

Secara default, foto yang dihasilkan akan disimpan dalam Gallery dengan tag Live Photos pada bagian atas.

Jika anda mengklik foto, maka akan muncul video klip pendek yang berisikan tampilan momen sebelum dan sesudah foto dilakukan.

3. Menggunakan kontrol suara


Menggunakan sensor sidik jari dan volume mungkin menjadi hal biasa saat mengambil foto dengan smartphone.

Namun dengan vivo V9, pengguna dapat menggunakan kontrol suara untuk mengambil gambar.

Anda bisa memulai perintah pemotretan dengan menyebutkan kata 'cheeese'.

Mudah dan keren, bukan?

Smartphone ini juga memberikan pilihan berbagai cara untuk mengambil foto termasuk menunjukkan telapak tangan, lalu beberapa saat kemudian foto otomatis diambil.

4. Menggunakan kamera belakang dengan AI Bokeh


Tak hanya kamera depan yang dilengkapi dengan AI Bokeh, kamera belakang yang terdiri dari dua kamera juga dilengkapi fitur ini dan hasilnya pun bagus.

Bagaimana caranya?

Pilih opsi kedua pada bagian kanan interface kamera utama lalu klik tombol pemotretan.

Untuk mendapatkan hasil foto terbaik, disarankan mengambil foto dengan jarak minimal 2 meter.

5. Membuat Square Foto


Dengan perkembangan media sosial seperti Instagram, foto dalam bentuk square menjadi populer.

Menjawab kebutuhan tersebut, Vivo V9 menyediakan opsi untuk mengambil foto dengan hasil dalam bentuk square untuk anda unggah di akun Instagram dan Facebook.

Untuk membuat fitur ini dapat digunakan, silahkan tap konfigurasi pengaturan kamera pada bagian atas kanan dan pilih opsi terakhir dalam daftar.

6. Mirror Selfie


Mirror Selfie mungkin menjadi fitur selfie paling disukai pada Vivo V9 karena menghasilkan selfie seperti bercermin menjadi opsi agar orang yang melihat foto anda fokus kepada objek, bukan penampakan yang ada di background foto.

Cara nya mudah, silahkan tap pada bagian pengaturan dan pilih opsi "Mirrored Selfie.